Sejak Diploma III Teknik Perkapalan berdiri tahun 1976, yang saat itu berada dibawah naungan PAT Undip (Pendidikan Ahli Teknologi Universitas Diponegoro), dimana pada tahun1980 mulai meluluskan mahasiswanya sebagai Alumni. Selanjutnya para alumninya berkembang dan bertambah banyak sampai saat ini.

Kampus PAT Undip

Saat itu Para Alumni masih terhimpun dalam wadah Ikatan Alumni PAT Undip (IAPAT) bersama dengan para Alumni dari 4 Jurusan yang lain yaitu Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil dan Teknik Kimia . Pada tahun 1982 PAT Undip berubah nama menjadi FNGT Undip, sehingga nama wadahnya pun berubah menjadi Ikatan Alumni PAT dan FNGT Undip.
Pada tahun 1993 FNGT Undip Diintegrasikan ke Fakultas Teknik Undip, termasuk D III dan D IV Teknik Perkapalan Undip. Sejak saat itulah para alumni D III yang melanjutkan studi ke D IV mulai ada gagasan untuk membentuk ikatan alumni yang dapat mewadahi sendiri lulusan D III dan D IV Teknik Perkapalan Undip. Pada tahun 1995 secara aklamasi oleh para alumni D III Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Undip wilayah Semarang dan sekitarnya dibentuklah Ikatan Alumni Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Undip, dengan ketua Bapak Achmad Rochan P76 dan sekretaris Bapak Eko Julianto Sasono P76.

Temu Alumni 25 tahun Teknik Perkapalan Undip

Dikarenakan jumlah alumni bertambah banyak dan sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia dan di luar negeri, maka dalam rangka menyosong 25 tahun Teknik Perkapalan Undip (1976 – 2001), pada tahun 2000 telah disusun suatu panitia untuk menyelenggarakan Munas Pertama Ika Kapal Undip, yang diketuai oleh Bapak Achmad Rochan.

Foto bersama di depan lobby hotel patrajasa Semarang, sebelum nyekar ke makam salah satu pendiri Teknik Perkapalan Undip yaitu Almarhum Sudarsono Citrodijoyo 22 Desember 2006 di Purworejo

Munas I IKA Teknik Perkapalan Undip diadakan pada tahun 2001 dan berhasil memilih Bapak Eko Julianto Sasono P76 sebagai Ketua Umum dan Bapak Siswadi P81 sebagai Sekretaris Umum untuk masa bakti 2001 – 2006.
Dalam rangka 30 tahun (tiga dasa warsa) IKA Teknik Perkapalan Undip pada tahun 2006 dengan ketua panitia pelaksana Bapak Asri Supriyanto P76 (Alm) telah diadakan MUNAS II IKA Teknik Perkapalan Undip dan berhasil memilih Bapak Asri Supriyanto P76 (Alm) sebagai Ketua Umum, Bapak SartonoP78 sebagai wakil ketua dan Bapak Sunarso Sugeng P80 sebagai Sekretaris Umum IKA Teknik Perkapalan Undip masa bakti 2006 – 2011.

Musyawarah Nasional II IKA Kapal 23 Desember 2006 di Semarang
Foto bersama sebagian peserta Munas II

Seharusnya tahun 2011 saatnya untuk mengadakan Munas III, tetapi tertunda. Tahun 2011 sampai dengan tahun 2015 masih berkabung karena telah wafatnya wakil ketua Bapak SartonoP78 dan ketua umum Bapak Asri Supriyanto P76. IKA Teknik Perkapalan Undip sampai dengan tahun 2016 kepengurusan organisasinya dilaksanakan oleh sekretaris umum Bapak Sunarso Sugeng P80 yang ditugaskan sebagai Plt. Ketua Umum, sampai terpilihnya ketua umum baru hasil Munas III berikutnya.

Ketua dan Wakil Ketua DPP IKA Kapal Periode 2016 – 2021 bersama Yayasan Alumni Teknik Perkapalan Undip

Selanjutnya dalam rangka 40 tahun (empat dasa warsa) Teknik Perkapalan Undip pada tahun 2016 telah berhasil diadakan Munas III Ikatan Alumni Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro “Alumni turut serta mensukseskan Program Poros Maritim Nasional” di Menara BTN Jakarta, dengan panitia pelaksana yang diketuai oleh Bapak Ari Wicaksono P81 di Jakarta. Berdasarkan hasil munas III, telah terpilih Bapak Ari Wicaksono P81 sebagai Ketua Umum dan Bapak Multazam P98 dan Bapak Gusminar P99 sebagai Wakil ketua I dan II DPP IKA Teknik Perkapalan yang baru untuk masa bakti 5 tahun (2016 – 2021)

Para Sesepuh di Munas III
Ketua Terpilih Munas III, Mas Ari Wicaksono (Tengah)
Foto Bersama Para Dosen dengan Mahasiswa

 

Alumni Kapal Generasi Milenial
Pokoke generasi campur (Surabaya)
Kapal Rayon Priok
Generasi Kapal 80-an

Demikian riwayat singkat IKA Kapal Undip Semarang, semoga bermanfaat.

Mohon Maaf, baru sempat di publish ke www.ikakapalundip.com
12 Januari 2017
Penulis : Eko Julianto Sasono P76
Editor : Nurma Agus Fitrianto P98