Jurusan Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro memiliki sejarah panjang dengan beberapa kali pergantian nama dan program. Bermula pada tahun 1964, di Kota Semarang berdiri Akademi Teknologi Perkapalan (ATP) dengan jurusan Teknik Perkapalan. Dua tahun kemudian, tahun 1966, ATP berganti nama menjadi Kursus Guru Pendidikan Teknik (KGPT) dengan membuka jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro. KGPT ini adalah cabang dari Akademi Pendidikan Teknologi Negeri.
Sejak tahun 1968, Jurusan Teknik Perkapalan tidak lagi dibuka. Pada tahun 1968 tersebut, KGPT berganti nama menjadi Akademi Pendidikan Teknik Negeri (APTN) yang mempunyai cabang di seluruh Indonesia (Palembang, Madiun, Purworejo, Pati, Purwodadi, dan lain-lain). Di Kota Semarang, APTN berkantor di Jl Ki Mangunsarkoro No.1, menempati gedung bersama dengan kantor pusat. Jurusan-jurusan yang ada pada waktu adalah Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro. Kemudian APTN berganti nama menjadi Akademi Teknologi Negeri (ATN) dengan jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Industri Elektro, dan Industri Kimia.

Gedung SMP 32 Semarang dulu pernah dipakai Undip untuk tempat kuliah

Jurusan Teknik Perkapalan baru aktif lagi pada tahun 1976, dua tahun setelah ATN berubah nama menjadi Pendidikan Ahli Teknologi (PAT). Pada tahun 1974, seluruh ATN di Indonesia berubah menjadi PAT dan bernaung di PTN-PTN. ATN Surabaya menjadi PAT ITS, ATN Yogyakarta menjadi PAT UGM, dan lain-lain. ATN di Semarang menjadi PAT Universitas Diponegoro Semarang.
Tahun 1983, PAT berubah menjadi Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT) dengan induk Universitas Diponegoro. Jurusan yang ada di FNGT ini adalah Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Program Studi Teknik Kimia, dan Program Studi Teknik Perkapalan.
Bersama Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik Perkapalan kemudian berubah menjadi Program Diploma III sejak tahun 1991. Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0312/0/1991 tanggal 6 Juni 1991 tentang Penutupan dan Pengintegrasian Fakultas Non Gelar dalam lingkungan Universitas dan Institut, pada tahun akademik 1992/1993 dilaksanakan pengintegrasian Program Diploma III Teknik dengan Fakultas Teknik.
Pada tahun 1991 itu juga dibuka Program Diploma IV Teknik Perkapalan, sesuai dengan SK Mendiknas, yang pengelolaannya di bawah Unit Pelaksana Teknis Undip. Program Diploma IV Teknik Perkapalan menelurkan alumni mulai tahun 1997 namun karena kurangnya minat masyarakat, jalur Diploma IV ini hanya berjalan dua periode dan vakum sampai sekarang.

Kampus PSD III Teknik Perkapalan Undip Tembalang
Kampus PSD III Teknik Perkapalan Undip Tembalang

Jurusan Teknik Perkapalan kemudian berkembang dengan dibukanya Program S-1. Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 3206/D/T/2002 tanggal 28 Oktober 2002, pada tahun 2003 dibuka Program Studi Strata-1 Teknik Perkapalan dengan Ketua Program Studi Pertama adalah Ir. H. Sukanto Jatmiko dan mulai menerima mahasiswa pada tahun akademik 2004/2005.
Pada tanggal 1 Oktober 2016, resmi dibuka Sekolah Vokasi, yang mengelola seluruh program diploma yang ada di Undip, termasuk Teknik Perkapalan. Dengan demikian, saat ini Universitas Diponegoro memiliki Jurusan Teknik Perkapalan S-1 dan Jurusan Teknik Perkapalan Sekolah Vokasi.
Semarang, 12 Januari 2017
Penulis : Sunarso Sugeng (1980)
Editor : Suhartono Sanjoto (1984)