Pembangunan maritim Indonesia telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Semenjak diangkatnya visi Maritim oleh presiden, menjadikan maritim sebagai ujung tombak pembangunan Indonesia ke depan.

Dalam upaya memaksimalkan pembangunan dan mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia, tentunya dibutuhkan peran serta dari seluruh stekholders dalam menukung upaya tersebut. Tidak terkecuali para alumni dan civitas akademi dari universitas di Indonesia.

Melihat hal tersebut UNDIP sebagai salah satu perguruan tinggi yang mempunyai jurusan dan program studi kemaritiman perlu berperan aktif dalam pembangunan maritim saat ini. Salah satunya adalah teknik perkapalan yang telah meluluskan alumi semenjak 1979 sampai 2015 baik D3 dan S1.

Untuk itu perlu mengambil langkah strategis untuk menghimpun sekaligus mengajak para alumni teknik perkapalan dalam mendukung pembangunan maritim indonesia, khususnya dalam bidang industri maritim.

Disampaikan ketua panitia Munas III Teknik Perkapalan UNDIP Ari Wicaksono “Saat ini alumni teknik perkapalan UNDIP yang terdata telah mencapai 790 semenjak 1979-2015 yang tersebar diseluruh wilayah indonesia”.

“Banyak dari lulusan UNDIP yang bekerja mulai dari perusahaan swasta, nasional, asing, Perminyakan, BUMN, pemerintahan dan Wirausaha. Salah satunya adalah pemilik galangan PT Barokah Marine kapal seperti Agus Tri Harsito” ujar Ari Wicaksono.

Pengusaha dibidang pengusaha dibidang Salvage dan las bawah air tersebut juga menjelaskan “dicanangkannya visi maritim indonesia sebagai “Poros Maritim Dunia” menjadi salah satu latar belakang untuk dapat mengajak para alumni untuk dapat berperan aktif mendukung agenda tersebut”.

“Sebagai organisasi professional dan praktisi dibidangnya maka jaringan Alumni UNDIP umumnya dan perkapalan khususnya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan maritim”, pungkas Arie

Ari menegaskan “untuk itu kami selaku panitia Munas III Alumni Perkapalan UNDIP melihat berbagai fenomena yang terjadi mulai dari MEA sampai tantangan nelayan menghadapi percepatan pembangunan maritim Indonesia, perlu bergandengan tangan dan mengajak seluruh alumni teknik perkapalan UNDIP yang tersebar di Indonesia untuk bersama mendukung dan bersinergi bersama seluruh stekholder untuk mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan baru maritim Indonesia”

Ari Berharap kepengurusan mendatang dapat lebih optimal membangun jaringan dan berperan aktif dalam membangun maritim Indonesia.

DUMBER: pemuda maritim