Pekalongan – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyempatkan diri untuk melihat kapal paralon buatan putra daerah asal Pekalongan. Ia mengatakan kapal tersebut adalah karya anak bangsa yang membanggakan. 
“Saya mengunjungi ini karena dengan harapan, itu bisa menjadikan satu karya anak bangsa yang membanggakan,” ujar Budi di Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (5/8/2017).

Ia mengharapkan inovasi ini bisa diuji teknis dan kelayakannya kemudian dikenalkan ke kancah internasional. Apalagi inovasi ini baru ada di Indonesia.

“Ya ini satu inovasi,sementara ini diakui sebagai inovasi anak bangsa. Jadi belum ada di negara manapun juga, sebagai pemerintah tentunya ingin punya kredibilitas apalagi berkaitan dengan kehidupan masyarakat banyak,” kata Budi.

Kapal paralon tersebut merupakan inovasi putra daerah Pekalongan, yaitu Agus Triharsito. Kapal itu dibuat dari bahan paralon sehingga biasa disebut dengan kapal paralon.

“Ini butuh satu klarifikasi dari Menristek nanti kita lakukan, tapi saya tetap berharap kalau ini memang original bisa kita jadikan suatu paten dari kita dan bisa kita perbanyak karenakan kayu makin susah. Paralon itu bisa diproduksi,” jelas Budi.

Selain itu Budi juga menuturkan untuk diuji kestabilannya. Budi menambahkan jika kapal paralon itu lolos uji tentu bakal jadi produk unggulan Indonesia.

“Kedua kestabilan itu seperti apa nanti dijelaskan dan kita uji apakah memang stabil. Kalau dia memiliki ketahanan punya kestabilan artinya dia selamat. Kita akan uji berkali-kali kalau memang bagus ya ini kan satu produk unggulan,” terangnya.

Budi menyebut kapal paralon itu memang mempunyai potensi untuk berkembang. Hanya saja karena kapal paralon tersebut belum punya izin sehingga tidak bisa berlayar dengan jarak jauh. Namun, kapal itu bisa digunakan untuk penumpang dan juga ikan.

“Ya makanya, ini kalau mau berlayar jangan jauh-jauh paling deket-deket sini saja. Ini juga bagian dari uji coba mereka. Dan kalau melakukan uji coba dengan menggunakan alat keselamatan yang maksimal,” tutupnya. (lkw/ams)

SUMBER: detikNews, Sabtu 05 Agustus 2017, 21:22 WIB