Ilustrasi ISTIMEWA

Bagaimana dengan prospek pekerjaannya dan tips memilih pekerjaan yang sesuai dengan jurusan tersebut? Yuk kita ikuti pembahasan berikut ini!

Prospek lulusan Teknik Perkapalan

Quipperian, sebelum membahas lebih lanjut tentang prospek lulusan, ada baiknya kamu tahu bahwa tak selamanya lulusan teknik perkapalan bekerja dengan berlayar di lautan. Karena kebanyakan yang berlayar di lautan adalah lulusan sekolah pelayaran semisal Politeknik Ilmu Pelayaran atau Akademi Maritim.

Teknik Perkapalan adalah suatu disiplin ilmu keteknikan yang mempelajari kapal atau bangunan apung yang menyangkut perencanaan dan pembangunannya. Bahkan di ITK, mahasiswa juga dibekali beberapa pilihan bidang minat, yaitu: konstruksi dan kekuatan bangunan kapal, desain dan komputasi, hidrodinamik, sistem penunjang, dan manajemen pembuatan kapal.

Berikut ini adalah bidang atau keahlian yang berkompeten dengan jurusan Teknik Perkapalan, diantaranya:

  • Tenaga ahli untuk bidang perencanaan, pembangunan, perbaikan kapal, dan alat apung pada industri maritim.
  • Surveyor pada biro klasifikasi nasional maupun internasional.
  • Owner Surveyor pada perusahaan pelayaran.
  • Konsultan pada bidang teknik perkapalan.
  • Tenaga ahli perkapalan di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
  • Tenaga ahli pada Laboratorium Teknik Perkapalan
  • Tenaga edukatif pada perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan.
  • Tenaga ahli pada perusahaan asuransi yang bergerak di bidang perkapalan dan bidang lainnya.
  • Tenaga ahli pada industri mesin-mesin dan peralatan, serta industri penunjangnya.
  • Enterpreneur dalam bidang perkapalan.

Quipperian, lalu bagaimana tips bagi lulusan Teknik Perkapalan memilih pekerjaan yang sesuai dengan keilmuannya?

Pilihlah pekerjaan yang disukai

Begitu banyak prospek lulusan Teknik Perkapalan, tetapi pilihan mau menjadi apa tetap kembali lagi kepada pribadi masing-masing. Semua tergantung passion dan keinginan masing-maisng. Ada lulusan yang bercita-cita ingin kembali berkuliah dan menjadi dosen maupun tenaga ahli di laboratorium Ilmu Perkapalan. Ada juga yang senang bekerja di lapang seperti surveyor, bekerja dengan banyak orang seperti konsultan, atau bahkan merintis usaha di bidang perkapalan.

Tambahannya, jangan lupa untuk mempertimbangkan hobi, keterampilan yang kamu kuasai, kepribadian, dan yang terpenting adalah situasi finansial dalam memilih pekerjaan yang sesuai.

Pilihlah tempat bekerja yang sesuai

Temapat bekerja ataupun perusahaan yang tepat juga menentukan lho masa depan karir kamu. Kebayang kan kalau kamu bekerja di perusahaan yang sebetulnya tidak sesuai dengan keilmuan kamu apalagi di awal-awal kamu meniti karir? Kamu sulit untuk menerapkan hasil pembelajaran yang sudah kamu dapatkan di perkuliahan, serta sulit untuk mengembangkan dasar ilmu yang sudah kamu punya. So, berikut ini adalah daftar perusahaan yang dapat mendukung kamu untuk mengambangkan karir kamu di bidang perkapalan:

  • Surveyor: Badan Klasifikasi Nasional (BUMN) seperti BKI, Sucofindo, dan Surveyor Indonesia atau Class Surveyor Badan Klasifikasi Kapal Asing seperti Lloyd’s Register, Bureau Veritas, Nippon Kaiji Kyokai, dan lainnya.
  • Owner Surveyor: Pertamina dan seluruh perusahaan yang membangun kapal di shipyard.
  • Arsitektur perkapalan atau Engineer: Global Maritime, Saipem, McDermott, Citramas, Terafulk, Batamec, Gunanusa, PT PAL, PT DPS, Meratus Line, Samudra Indonesia.
  • Tenaga Ahli Perkapalan: Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang terdapat Jurusan Teknik Perkapalan, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Miliki sertifikat keahlian

Prospek lulusan Teknik Perkapalan salah satunya adalah menjadi seorang Welding Engineer atau Welding Inspector. Kedua pekerjaan tersebut merupakan ragam profesi dalam bidang pengelasan. Jangan bayangkan pengelasan yang dimaksud adalah seperti tukang las listrik atau las karbit ya. Bidang pengelasan yang dimaksud merupakan salah satu bidang kerja yang memiliki peran penting pada proses manufaktur dan produksi. Mulai dari pengelasan pipa guna mengalirkan minyak mentah, boiler untuk pembangkit listrik, mesin turbin atau badan pesawat, rangka bangunan, mesin atau badan kapal, dan lain-lain.

Dari pengertian tersebut kamu pasti terbayang ya kalau profesi pengelasan ini merupakan hal yang sangat penting. Semua bagian yang di las juga harus diukur dengan tekanan, ketinggian, maupun strukturnya. Jangan sampai seorang WE atau WI melakukan kesalahan pengelasan sehingga yang ada badan kapal bocor disana–sini. Apalagi seorang WE atau WI juga bertanggung jawab untuk menguji konstruksi atau desain sambungan las tersebut baik dari segi keandalan dan proses fabrikasi serta pemasangannya, jadi memang betul-betul harus seseorang yang ahli di bidangnya.

Untuk menjadi seorang WE atau WI yang kamu butuhkan adalah sertifikasi. Dengan sertifikat yang sudah kamu punya, artinya kualifikasi kamu sebagai WE atau WI sudah terbutkti, sehingga kesempatan lapangan pekerjaan satu ini pun terbuka dengan luas. Tambahannya, gaji kamu juga akan meningkat jika kamu punya sertifkat keahlian.

Quipperian, yang tidak kalah pentingnya dalam memilih karir adalah mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Pengalamanmu saat kuliah praktik, organisasi, pelatihan, konferensi, dan skripsi juga dapat menunjang performa kamu di mata perusahaan lho. Jadi, semasa menjadi mahasiswa jangan pernah sia-siakan kesempatan yang ada ya.

Ingat selalu hal ini ya Quipperian, jurusan yang kita pilih merupakan amanah dan amanah tidak pernah salah memilih siapa tuannya. Cintai jurusanmu saat kuliah sehingga usaha dan semangat untuk mendalami ilmu-ilmu yang ada didalamnya timbul dengan sendirinya. Keep fighting, Quipperian!

Penulis: Anggi Presti Adina

SUMBER: video.quipper.com, 31 Januarai 2017